VCO untuk ibu hamil

VCO untuk ibu hamil

VCO untuk Ibu Hamil – TENTANG manfaat VCO, menurut dokter Zainal Gani, sudah banyak ahli yang tidak meragukan. Bahkan di Indonesia, khususnya Jawa, para orangtua kita dulu sudah mengenalnya meskipun tidak dijelaskan secara ilmiah. Misalnya manfaat minyak kelapa (klentik) atau VCO untuk ibu hamil. Sekarang bisa dijelaskan bahwa kelapa mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acids), disingkat MCFA. Yaitu asam laurat dan asam capric.

MCFA dalam minyak kelapa (klentik) berfungsi melindungi janin dari serangan virus dan mikroorganisme lain. Ini sangat bermanfaat untuk kehamilan muda. Sementara pada kehamilan tua, MCFA diubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan saat melahirkan, sekaligus meningkatkan kuantitas dan kualitas air susu ibu. 1*

Pertumbuhan serta perkembangan bayi dan balita sangat dipengaruhi saat berada dalam kandungan. Inilah yang sangat menentukan karena di situlah pembentukan organ tubuh dimulai. Kandungan yang sehat ditentukan oleh ibu yang sehat. Bila ibu menderita penyakit maka kondisi janin akan terpengaruh.

VCO untuk ibu hamil mempunyai banyak manfaat

Manfaat VCO untuk ibu hamil

Mengkonsumsi VCO untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi Ibu yang sedang hamil dan menyusui.

VCO dapat membantu dalam proses persalinan dan mampu memberi energi sehingga ibu mempunyai tenaga yang lebih besar. Minyak kelapa murni juga mampu mengembalikan kebugaran ibu secara cepat setelah persalinan.

Ibu yang mengkonsumsi minyak kelapa kandungan asam laurat dalam air susunya meningkat menjadi 21% dan asam kaprat 6% sehingga bisa memberikan perlindungan terhadap virus, bakteri dan protozoa.

Asam Laurat VCO dapat meningkatkan MCFA pada ibu menyusui sampai tiga kali lipat. Pemberian asupan makanan yang mengandung MCFA pada ibu menyusui akan menghasilkan susu yang kaya akan MCFA.

Baca Juga Artikel Cara Menyusui dengan Baik

Beberapa manfaat MCFA dalam minyak kelapa murni bagi bayi:

  • Memudahkan bayi menyerap nutrisi yang dibutuhkan
  • Memperbaiki penyerapan vitamin, mineral dan protein yang bisa dilarutkan oleh lemak
  • Meningkatkan absorbsi kalsium yang penting bagi pertumbuhan bayi
  • Melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya 2*
  • Kalau seorang ibu tidak makan makanan yang mengandung MCFA dan tidak makan pada saat menyusui. Maka kelenjar susu hanya akan mampu menghasilkan sekitar 3% asam laurat dan 1% asam kaprat. Anak akan kehilangan nutrisi dan juga perlindungan antimikrobial yang tidak dapat diperoleh bayinya.

Sejak dahulu, tradisi mengkonsumsi minyak kelapa murni atau yang kita kenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO) sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Misalnya ibu yang akan melahirkan dianjurkan mengkonsumsi 1 sendok Virgin Coconut Oil selama 2 hingga 3 bulan menjelang melahirkan agar proses persalinan menjadi lebih mudah dan lancar serta meningkatkan jumlah dan kualitas ASI.

Apa Manfaat dari Virgin Coconut Oil?

Virgin Coconut Oil sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena membantu penyerapan gizi pada bayi dan melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya dan embantu proses kekebalan bayi dari serangan virus. Kehamilan juga begitu rentan dengan infeksi beberapa virus seperti virus herpes dan virus cytomegalo. Dengan menkonsumsi VCO, janin terlindung dari infeksi kedua virus tersebut sehingga mengurangi resiko bayi lahir cacat atau keguguran  pada saat menjelang kelahiran. Kandungan Medium Chain Fatty Acid dalam VCO ini diubah menjadi energi secara cepat untuk kontraksi rahim dan kekuatan mengejan.

Virgin coconut Oil juga membantu melangsingkan badan pasca melahirkan karena Medium Chain Fatty Acid ( asam lemak jenuh rantai sedang ) yang terkandung dalam VCO dapat meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan energi serta daya tahan tubuh.

Virgin coconut oil mengandung asam laurat dengan kadar paling tinggi seperti pada ASI ( air susu ibu ) sekitar 50% yang berguna sebagai anti mikroba, anti virus dan anti protozoa.

Virgin coconut oil juga bermanfaat untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit, meregenerasi kulit dan mencegah kerontokan rambut pasca melahirkan. vitamin E dan Polifenol yang terkandung dalam VCO beperan sebagai antioksidan dan mencegah kulit dari penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan sehingga kulit tetap kencang, sehat dan lembut. Sedang Medium Chain Fatty Acid berperan sebagai sumber energi pada salah satu kulit yang membantu meningkatkan metabolik dan kemampuan penyembuhan luka pada kulit dan membantu mencegah infeksi dari mikroba berbahaya.

Satu Komentar

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.