VCO baik lo buat memeperlancar kelahiran

VCO baik lo buat memeperlancar kelahiran

Memeperlancar kelahiran– Apa benar meminum VCO dapat melancarkan persalinan (membuat jalan lahir lebih licin). Tanya netizen kepada dr. Nadia Nurotul Fuadah, disebuah media sosial.

Memeperlancar kelahiran- Apa jawabannya?

Nyaris semua calon ibu yang belum pernah melahirkan, tentu mengidamkan proses persalinan yang mudah, lancar, tidak terasa nyeri, dan bahagia.

Kemungkinan terjadinya proses persalinan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya yakni:

  • Faktor ibu, misalnya riwayat penyakit, tinggi badan, berat badan, asupan gizi, aktifitas yang dilakukan, kondisi psikologis
  • Faktor janin, misalnya berat janin, posisi, usia kehamilan saat persalinan, kelainan genetik lainnya
  • Faktor lain, misalnya letak plasenta, kondisi ketuban, dan lain sebagainya

Memeperlancar kelahiran- VCO (virgin coconut oil) memang telah diteliti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah serangan jantung, mengatasi resistensi insulin pada penderita diabetes, dan menjaga kesehatan kulit. Namun, terkait manfaatnya dalam memperlicin jalan lahir sehingga mempermudah persalinan hingga kini belum ditunjang oleh penelitian yang memadai. Karenanya, kami tidak berwenang menjelaskan mendetail pertanyaan Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan Anda ya..

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah persalinan:

  • Tenang, berpikir positif
  • Hindari imobilitas (terlalu banyak duduk, terlalu banyak tidur)
  • Perbanyak senam hamil mendekati waktu persalinan
  • Makan dan minum yang cukup dan bergizi untuk memenuhi energi Anda saat mengejan
  • Minta dukungan pada suami, orang tua, dan kerabat

Di media sosial yang lain, pertanyaan yang sama juga diajukan netizen. Apakah benar minum minyak kelapa (VCO)  akan permudah persalinan?

Jawabannya begini :

Minyak kelapa, memang konotasinya bikin lancar dan licin. Namun dalam dunia kedokteran, minyak tak ada gunanya sama sekali dalam melancar keluarnya sang janin. Mungkin secara psikologis, ibu hamil meyakini, dengan minum dua sendok minyak kelapa dapat memperlancar persalinannya. Jika itu demi ketenangan psikologisnya, ya, silakan saja. Toh, minyak kelapa bukan racun.

Dengan dua jawaban tadi VCO baik untuk ibu hamil dan akan melahirkan. Karena kandungan nutrisinya.

Kalau mau bagaimana?

Minum madu dan telur dapat menambah tenaga untuk persalinan.

Madu tak boleh sembarangan dikonsumsi ibu hamil. Jika BB-nya cukup, sebaiknya jangan minum madu karena bisa mengakibatkan overweight. Bukankah madu termasuk karbohidrat yang paling tinggi kalorinya? Jadi, madu boleh diminum hanya jika BB-nya kurang. Begitu BB naik dari batas yang ditentukan, sebaiknya segera hentikan. Akan halnya telur tak masalah, karena mengandung protein yang juga menambah kalori. Asalkan matang, ya, Bu.

Makan duren, tape, dan nanas bisa membahayakan persalinan.

Ini benar karena bisa mengakibatkan perdarahan atau keguguran. Duren mengandung alkohol, jadi panas ke tubuh. Begitu juga tape. Pun untuk masakan yang menggunakan arak, sebaiknya dihindari. Buah nanas juga, karena bisa mengakibatkan keguguran.

Makan daun kemangi membuat ari-ari lengket, hingga mempersulit persalinan.

Yang membuat lengket ari-ari bukan daun kemangi, melainkan ibu yang pernah mengalami dua kali kuret atau punya anak banyak, misal empat anak. Ari-ari lengket bisa berakibat fatal karena kandungan harus diangkat. Ibu yang pernah mengalami kuret sebaiknya melakukan persalinan di RS besar. Hingga, bila terjadi sesuatu dapat ditangani segera.

Semoga bermanfaat…..

 

omentar

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.