Untuk Apa DIET Selama Menyusui?

Untuk Apa DIET Selama Menyusui?

*Ingin Diet Namun Tetap Bisa Makan Nasi

Dokterbunda.com – Kehamilan membawa perubahan signifikan pada para bunda terutama urusan bentuk badan. Apalagi setelah melahirkan dan sedang menyusui, bentuk badan bunda pasti berubah drastic dari bentuk awalnya.

Selama masa kehamilan, ibu yang baru melahirkan dan menyusui mungkin berpikiran untuk segera menurunkan kelebihan berat badan karena hamil dengan cara diet. Karena bagaimana pun kegemukan setelah melahirkan pasti menurunkan kepercayaan diri wanita.

Jangan Diet Saat Menyusui

Akan tetapi, ahli kesehatan anak, ahli kebidanan dan kandungan serta para bidan sepakat menyarankan agar ibu tidak diet ketat dulu. Memang, siapa sih perempuan yang enggak ingin langsung langsing usai bersalin? Tetapi demi si buah hati yang sedang tumbuh dan berkembang dengan pesat, ibu menyusui sebaiknya tunda dulu melakukan diet ketat. Jika ibu menahan lapar karena diet, dikhawatirkan akan mengurangi produksi ASI.

*Nasi Hitam Untuk Diet

Kalau pun ingin diet, ibu seharusnya tidak mengartikan diet dengan cara mengurangi porsi makan setiap hari, melainkan, mengganti makanan-makanan tinggi lemak dan kalori dengan makanan sehat kaya gizi seperti sayuran, buah dan daging tanpa lemak.

Ibu perlu tahu, setiap hari menyusui butuh asupan sebanyak 300—500 kalori untuk kebutuhan energi. Sebenarnya, 300 kalori sudah disediakan dari lemak yang ditimbun di tubuh saat ibu hamil. Sementara sisanya, harus ibu dapatkan dari asupan makanan saat ini.

Faktanya, menyusui pun merupakan salah satu cara untuk mengembalikan berat badan ke bobot semula, karena kandungan lemak yang tersedia di dalam tubuh akan digunakan oleh tubuh untuk memproduksi ASI.

Dengan demikian, ibu tak perlu repot melakukan program diet ketat. Gizi yang sangat penting untuk produksi ASI adalah zat besi dan kalsium. Setiap hari ibu akan mengeluarkan sekitar 0,3 mg zat besi dalam bentuk ASI, belum lagi untuk kebutuhan diri sendiri. Total, dalam 6 bulan pertama menyusui, ibu butuh asupan zat besi sekitar 1,1 mg per hari. Total per hari, ibu butuh asupan tambahan zat besi sekitar 5 mg. Sedangkan kalsium butuh cukup besar, yakni 400 mg per hari untuk mendukung produksi ASI.

Kesimpulannya, selama masa menyusui eksklusif, lupakan dulu diet, ya bunda. Makanlah yang benar-benar bergizi dan perbanyak sayuran serta buah-buahan, sehingga ASI pun dapat keluar dengan lancar. Tambahan dari saya konsumsi VCO (Virgin Coconut Oil).
BELI VCO DISINI

*Manfaat VCO Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui


Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.