Tips Melahirkan Normal

Tips Melahirkan Normal

Tips melahirkan normal- Ada banyak pendapat dan tips untuk ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran secara normal. Berbagai pendapat dan tips tersebut tentu baik dan bermanfaat. Apalagi didukung penelitian para ahli dan merujuk sumber-sumber yang sahih.

Nah, berikut ini tips yang mudah dipahami dan mudah juga dilakukan untuk menyiapkan kelahiran secara normal terutama bagi anda yang bulan kandungan trisemester akhir, khususnya saat kehamilan sudah pada bulan kesembilan.

Apa saja yang perlu persiapkan agar melahirkan secara normal dan lancar :

Tips Melahirkan Normal

  1. Persiapan posisi. Proses ini dilakukan agar pada saat tiba waktu melahirkan, bayi bisa dengan mudah keluar dari rahim ibu. Cara yang banyak dilakukan adalah dengan sering melakukan posisi sujud, karena hal ini akan memposisikan bayi pada letak yang memudahkannya meluncur.
  2. Naik turun tangga merupakan hal yang dianjurkan. Tentu intensitasnya tidak boleh terlalu sering dan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya memudahkan janin untuk bisa segera turun dan berada pada posisi kelahiran.
  3. Hindari tidur yang terlalu sering, terutama pada siang hari. Sebab, hal ini akan memicu terjadinya pendarahan.
  4. Tetap tenang. Biasanya, kelahiran pertama akan menimbulkan kepanikan. Perlu diketahui bahwa jarak antara kontraksi pertama dan proses kelahiran membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga Anda masih akan memiliki waktu cukup untuk pergi kerumah sakit terdekat.
  5. Pada saat proses melahirkan, seorang ibu akan membutuhkan energi yang cukup banyak. Oleh karenanya selama persalinan sebaiknya tetap diberikan asupan sebagai penambah tenaga.
  6. Mengatur pernafasan. Pada saat kontraksi, biasanya seorang ibu akan mengambil nafas secara pendek dan terburu-buru. Ini adalah hal salah. Sebaiknya tarik nafas panjang serta hembuskan secara perlahan-lahan. Hal ini akan bermanfaat dalam meredakan ketegangan syaraf dan memberikan relaksasi.
  7. Teknik mengejan. Pada saat mengejan, tarik nafas yang panjang, lalu hembuskan bersama waktu mengejan. Jangan pernah mengejan sambil menahan nafas. Selain akan menimbulkan kehabisan nafas, hal tersebut akan menjadikan seorang ibu akan menjadi lebih cepat lelah dan kehabisan nafas.

TIPS Menghindari robekan jalan Lahir :

  • Sering-sering latihan KEGEL biar liang vagina lebih lentur dan lunak.
  • Sering jongkok, agar paha, panggul serta bagian kewanitaan lebih terlatih.
  • Bayi tidak terlalu besar
  • Sabar dan jangan keburu-buru mengejang saat persalinan berlangsung, biarkan kepala bayi turun dengan santai, pasti dan tidak membuat robekan pada jalan lahir.

Saat Persalinan, rileks, tidak tegang, tersenyum dan melemaskan rahang mulut bagian bawah, karena ada hubungan antara rahang bawah dengan vagina.

Yang paling penting !!! Saat persalinan, jangan angkat pantat anda ke kanan dan kekiri, letakkan saja pantat anda di tempat tidur. Tetap tenang dan terkendali, mintapada penolong persalinan anda agar mengingatkan anda.

terakhir dari pihak penolong persalinan, bila si penolong sabar, dan menahan perineum (bag,kewanitaan anda) dengan kuat dan terkendali, sangat dmungkinkan anda tidak mengalami robekan. Keterampilan sangat dibutuhkan disini.

Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua ya bunnn..

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.