Posisi Tidur Paling Nyaman Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Paling Nyaman Untuk Ibu Hamil

dokterbunda.com – Ketika masa kehamilan, tubuh bunda mengalami berbagai perubahan. Perubahan ini cenderung mengganggu tidur nyenyak yang biasa bunda dapatkan sebelum hamil.

Janin yang membesar bisa membuat posisi tidur bunda menjadi serba salah. Posisi tidur yang salah pada bisa mengundang berbagai masalah kesehatan. Seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah.

Nah ada beberapa posisi tidur terbaik untuk bunda yang bisa dicoba untuk membantu bunda tidur nyenyak.

Posisi tidur seperti apa yang terbaik untuk ibu hamil?

Tidur menyamping. Tapi, jangan sembarangan tidur menyamping.

Berbaring menyamping di sisi kanan jauh lebih baik daripada tidur telentang atau tengkurap. Namun yang lebih bagus lagi adalah tidur di sisi kiri. Karena tidur di sisi sebelah kanan bisa memberi tekanan pada hati bunda.

Dokter dan bidan merekomendasikan ibu hamil untuk berbaring menyamping di sisi kiri tubuh untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Posisi ini mencegah rahim menekan hati, dan terus memungkinkan bayi untuk menerima nutrisi dan oksigen melalui plasenta tanpa hambatan.

Gunakan Bantal


Bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila bunda merasa sesak napas atau napas terasa berat, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Bila bunda merasakan nyeri pada ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi. Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik. Sementara itu, untuk menyangga tubuh dalam posisi menyamping ke kiri, bunda dapat meletakkan bantal di bagian samping perut dan di antara kedua tungkai atau lutut. Ibu hamil juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman. Beli bantal hamil bisa klik disini

Selain memerhatikan posisi tidur ibu hamil yang nyaman, pastikan juga bunda mendapatkan kalsium yang cukup untuk mengurangi kram pada kaki. Selain itu, berbagai nutrisi penting lain bisa bunda dapatkan dengan mengonsumsi sayuran, buah, dan susu secara seimbang.

Read More: Makanan wajib ibu hamil yang harus diketahui

omentar

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.