Menyusui Itu Tidak Mudah! Setuju Dong Bunda?

Menyusui Itu Tidak Mudah! Menyusui merupakan hal yang sudah lazim bagi setiap ibu. Menyusui merupakan proses yang terjadi secara alami, jarang sekali ada ibu yang tidak mampu menyusui bayinya. Kendati alami, kemampuan ibu memberi ASI tidak instan lho penuh drama dan pengorbanan. Dan pastinya ada saja beberapa hambatan pastinya di dalam proses menyusui itu. Sebenernya, kalo kondisinya biasa-biasa aja semacem ASI keluarnya lancar dan tepat waktu, bayinya langsung “pinter” menyusu, dan mental si ibu stabil.

Normalnya, menyusui itu proses alamiah yang akan dan harus dilalui oleh setiap ibu. Namun pada kenyataannya, tidak semua ibu bisa menyusui anaknya dengan mudah.

Ada lho pengalaman ibu yang memang dia sudah nyerah di awal masa – masa menyusui. Apalagi para ibu muda yang baru saja mempunyai bayi. Biasanya cobaan terberat itu saat 1 bulan pertama memberikan ASI.

Cracked nipple, nah ini dia yang paling sering terjadi pada tiap ibu menyusui.

Dan itu dia yang paling sering bikin ibu menyusui nyerah dan tak mau lagi memberikan ASI pada bayi nya.

Masalah ibu menyusui

Cracked nipple merupakan nyeri dan lecet pada daerah puting susu. Kerusakan pada puting mungkin terjadi karena trauma pada puting akibat cara menyusui yang salah. Selain itu, perawatan payudara yang tidak benar juga dapat menyebabkan kerusakan pada daerah puting susu.

Sangat sangat tidak nyaman kalau sudah itu terjadi, kesenggol baju aja perihnya minta ampun apalagi waktu disusuin ke anak… ampun deh ampun.

Terkadang seorang ibu terpaksa melawan ego sendiri tatkala keadaan tak mendukung baginya untuk memberikan ASI eksklusif, sehingga ia terpaksa memberikan susu formula kepada sang buah hati.

Baca Juga Artikel Cara Menyusui dengan Baik

Tapi bagaimanapun ya bunda harus tetap menyusui jangan nyerah gitu aja dong.

INGAT! Seorang ibu pasti ingin menyusui langsung anaknya, sebab menyusui mempererat ikatan batin, kasih sayang, dan jadi sumber kebahagiaan keduanya lho.

Nah, buat buibukk yang lagi mau menyerah nyusuin anak karena alasan apapun, you’re not alone! Sharing is a must! Sharing ke siapa aja, ke temen, ke forum onlinenya ibu2, ke suami, atau langsung ke konselor laktasi buat dapetin support atau bantuan biar semangat lagi menyusuinya. Berikan ASI Ekslusif ke anak kita full 2 tahun ya. SEMANGAT!!

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.