Mengatasi Diare Pada Ibu Menyusui Secara Aman dan Alami

Mengatasi Diare Pada Ibu Menyusui Secara Aman dan Alami

Momen menyusui merupakan saat-saat dimana seorang ibu sedang bahagia-bahagianya. Banyak ibu berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tak mudah sakit.

Karena mereka beranggapan apabila sakit, maka kualitas air susu ibu (ASI) pun akan menurun. Biasanya sakit yang dialami oleh ibu menyusui itu terserang diare. Jangan panik bunda, mari simak cara mengatasi diare saat menyusui.

Cara mengatasi diare pada ibu menyusui

Ketika diare menyerang saat masa menyusui, tak perlu khawatir. Faktanya, berbagai penyakit seperti diare tidak dapat ditularkan kepada bayi melalui ASI. Kualitas ASI yang bunda memiliki tetap akan sama bagusnya seperti saat sedang sehat. Hal ini karena air susu mengandung antibodi yang akan membantu melindungi bayi dari penyakit yang dimiliki sang bunda.

Oleh karena itu, jangan berhenti menyusui anak ketika diare. Pasalnya, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi karena mengandung antibodi dan kebutuhan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhannya.

Adapun cara mengatasinya dengan :

Minum banyak air
Untuk mencegah dehidrasi dan tetap bisa memberikan ASI secara maksimal saat diare, Anda wajib minum banyak air. Ini karena saat diare, ibu menyusui akan kehilangan banyak cairan dan nutrisi.

Melakukan diet BRAT
BRAT adalah kepanjangan dari banana (pisang), rice (nasi putih), applesauce (saus apel, apel yang dihaluskan tapi bukan dijus), dan toast (roti panggang). Makanan yang tergolong dalam BRAT ini termasuk makanan yang mudah dicerna untuk orang yang memiliki diare.

Makan makanan yang mengandung probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Untuk itu, makan makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt membantu menggantikan bakteri baik yang hilang di saluran pencernaan akibat diare. Kemudian Tepung Garut yang membantu memberikan kehangatan pada lambung untuk menenagkan.

Baca Juga:
Bahaya Obat Maag Bagi Ibu Hamil
Mengatasi Anemia Pada Ibu Hami
l


Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.