Masalah Puting Gatal Saat Hamil. Jangan Panik!

Masalah Puting Gatal Saat Hamil. Jangan Panik!

Masalah Puting Gatal Saat Hamil – Saat hamil, terjadi banyak perubahan pada tubuh ibu, tak terkecuali perubahan pada payudara ibu. Ukuran dan bentuk payudara menjadi lebih besar untuk mempersiapkan tubuh ibu dalam pemberian ASI kepada bayinya. Payudara yang membesar ini membuat kulit payudara ibu tertarik dan melebar, sehingga dapat menyebabkan gatal pada puting dan payudara.

Apakah Anda pernah mengalami puting gatal saat masa kehamilan? Tak perlu cemas, karena hal ini ternyata adalah hal yang normal. Dilansir dari newhealthadvisor.com, umumnya wanita hamil akan merasakan payudaranya gatal dan mengencang setelah proses pelekatan embrio pada dinding rahim.

Meskipun termasuk hal yang normal, puting rasa gatal pada puting dan payudara mungkin menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi jika sedang berada di tempat umum. Untuk mengatasinya,

Perubahan hormon selama masa kehamilan bisa mengakibatkan Bunda mengalami gejala tertentu, seperti gatal di kulit atau puting payudara. Beberapa ibu hamil mengeluhkan kondisi payudara gatal saat hamil yang cukup mengganggu bagi mereka.

Lalu, apakah kondisi payudara gatal saat hamil berbahaya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Fakto penyebab payudara gatal saat hamil:

  • Banyaknya perubahan hormonal di tubuh Anda selama kehamilan trimester pertama, akan membuat payudara membesar karena peningkatan suplai darah ke sana.
  • Formasi sel dan kelenjar ASI membuat payudara menjadi lebih sensitif dan rawan gatal.
  • Pengumpulan lemak di payudara juga bisa membuatnya terasa gatal saat minggu-minggu pertama kehamilan.

Tenang, ibu hamil tidak perlu khawatir jika mengalami puting gatal

Bagaimana cara mengatasi puting gatal saat hamil?

  1. Pilih bra menyusui berbahan katun

Bahan bra yang tidak nyaman juga bisa menambah rasa gatal pada payudara. Pilih bra berbahan dasar katun yang lembut, dingin dan menyerap keringat. Jangan lupa, saat hamil ukuran payudara Anda juga bertambah besar, sehingga sebaiknya kenakan bra yang ukurannya sesuai dengan payudara Anda.

  1. Oleskan pelembab

Setelah mandi atau sebelum beraktivitas, oleskan pelembab pada payudara untuk mencegah kulit sekitar payudara menjadi kering. Mengoleskan pelembab setelah mandi mampu mengunci kelembaban alami dari air yang baik untuk kekenyalan kulit.

  1. Tambahkan petroleum jelly

Petroleum jelly mampu melembabkan kulit lebih kuat dari sekedar pelembab biasa. Karena itu jika Anda merasa pelembab yang Anda gunakan belum mampu mengatasi gatal pada puting, coba tambahkan petroleum jelly usai mengoleskan pelembab. Sambil mengoleskan petroleum jelly, pijat lembut payudara Anda secara perlahan beberapa kali sehari.

  1. Ganti detergen dengan aroma lembut

Bisa jadi, salah satu penyebab gatalnya puting Anda adalah karena penggunaan sabun atau detergen yang memiliki aroma kuat. Saat hamil, kulit Anda menjadi lebih sensitif sehingga mudah bereaksi pada zat kimia tertentu. Jika memang kulit Anda tidak bisa mentolerir pewangi pada sabun atau detergen yang biasa Anda gunakan, beralihlah pada sabun atau detergen tanpa pewangi yang tetap memberi kelembutan pada kulit atau pakaian Anda.

Mencegah payudara gatal saat hamil

Payudara gatal saat hamil bisa dihindari, yakni dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Hindari sabun berbahan kimia keras yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Ganti parfum atau produk kecantikan beraroma yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal.
  • Gunakan spons mandi Anda dengan yang lebih lembut
  • Belilah bra yang sesuai untuk Anda. Tidak kekecilan dan tidak kebesaran. Gesekan payudara dengan bra yang tidak sesuai bisa menyebabkan iritasi dan rasa gatal.
  • Rawatlah kebersihan puting Anda dengan membasuh payudara Anda dengan VCO

Tubuh Anda menjadi lebih sensitif selama masa kehamilan. Karena itu, mengganti produk kecantikan dan pakaian selama masa kehamilan bisa membuat Anda merasa lebih nyaman menjalani kehamilan ini.

Untuk mendapatkan VCO yang aman dan alami bisa cek di EKA FARM.

BACA JUGA:

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.