Jangan Terlalu Panik, Inilah Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Jangan Terlalu Panik, Inilah Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Dokterbunda.com – Pembengkakan pada kaki tentu bakal membuat seseorang sulit beraktivitas. Kondisi semacam ini biasa juga terjadi pada ibu hamil. Pada masa kehamilan memasuki minggu ke 20 usia kehamilan banyak perubahan yang terjadi pada bunda. Salah satunya yaitu pembengkakan terjadi pada kaki.

Berbicara tentang permasalahan kaki bengkak, Pembengkakan di daerah kaki ini akibat pembesaran rahim yang menekan pembuluh darah sehingga memperlambat peredaran darah di kaki, terutama sesudah berdiri berlama-lama, akan terjadi pembengkakan di pergelangan dan telapak kaki.

BACA JUGA: VCO untuk kehamilan

Kaki bengkak akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan perasaan tidak nyaman. Nah untuk mengatasi kaki yang bengkak saat hamil bunda tidak perlu panik.

Inilah cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

  1. Hindari Berdiri Terlalu Lama

Saat hamil hindari berdiri terlalu lama, beban kaki yang terlalu berat akan menyebabkan kaki menjadi bengkak. Maka, usahakan saat hamil mom tidak terlalu lama berdiri.

  1. Aktif Bergerak

Saat hamil usahakan untuk aktif bergerak. Selain melancarkan peredaran darah, bergerak aktif akan membantu mom mengurangi risiko kaki bengkak. Setiap pagi jangan lupa untuk berjalan kaki untuk melancarkan sirkulasi darah terutama di pagi hari.

  1. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Saat hamil jangan lupa untuk memakai alas kaki yang nyaman. Alas kaki yang terlalu sempit, berhak tinggi akan membuat semakin parah kaki bengkak. Peredaran darah pun semakin tidak lancar terutama bagian kaki yang akan menyebabkan kaki bengkak.

  1. Kurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam yang berlebih dapat membuat kaki bengkak. Hal ini disebabkan garam dapat membuat timbunan cairan yang terdapat pada kaki semakin banyak. Saat hamil perbanyak konsumsi air putih karena dapat mengurangi timbunan garam pada tubuh.

  1. Ganjal dengan Bantal

Saat tidur usahakan kaki diangkat lebih tinggi dari posisi kepala dengan cara mengganjalnya menggunakan bantal. Cara ini sangat efektif untuk membantu memperbaiki aliran darah menuju kaki dan mengurangi cairan di kaki yang menyebabkan kaki menjadi bengkak.

Selain cara di atas, saat kaki sudah membengkak bunda dapat mengoleskan kaki dengan VCO. Lakukan secara rutin hingga bengkak di kaki berangsur berkurang. Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan? Semoga bermanfaat Bunda.

Untuk mendapatkan VCO yang aman dan virgin bisa ke Toko nya EKA FARM

BACA JUGA INI

Ibu Hamil Mual Itu Wajar, Mual Itu Tanda Baik
Mengatasi Mual di Awal Kehamilan
Masalah Puting Gatal Saat Hamil. Jangan Panik!
Ibu Hamil, Tak Perlu Khawatir Karena “ STRETCH MARK “

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.