ibu hamil bolehkan memakai emas

ibu hamil bolehkan memakai emas

Ibu Hamil Bolehkan Memakai Emas– Terdapat cerita yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan emas. Lalu, bolehkan ibu hamil memakai emas? jawabanya adalah boleh.

Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menggunakan perhiasan mengandung emas, karena emas yang digunakan di kulit tidak memiliki dampak langsung terhadap ibu dan janin, kecuali jika ibu memiliki reaksi kulit terhadap bahan emas, maka sebaiknya dihindari.

dr Delvira Parinding, dalam konsultasi kesehatan di sebuah media sosial mengatakan, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menggunakan perhiasan mengandung emas, karena emas yang digunakan di kulit tidak memiliki dampak langsung terhadap ibu dan janin, kecuali jika ibu memiliki reaksi kulit terhadap bahan emas, maka sebaiknya dihindari.

Selama kehamilan tetap konsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter/bidan (seperti tablet zat besi), makan makanan bergizi secara teratur, minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, dan rutin kontrol ke bidan atau dokter.

Pendapat lain mengatakan, bahwa emas berbahaya bagi ibu hamil. Kenapa ?

Jika pernah mendengar, orang tua jaman dahulu  melarang wanita menggunakan emas ketika sedang hamil. Benarkah hal itu? Atau hanya sekedar mitos?

Untuk mencari tahu, mari merujuk tentang alasan ilmiah mengenai larangan laki-laki memakai emas. Dan kita pun memperoleh jawaban yang bisa membenarkan pernyataan diatas.

Di dalam tubuh wanita zat emas bisa saja masuk dan kemudian mengalir bersama darah. Namun zat emas tidak akan mempunyai dampak buruk pada tubuh wanita tersebut. Hal itu dikarenakan zat emas tersebut akan dibuang bersama dengan darah haid /menstruasi.

Sedangkan pada saat hamil, wanita tentunya tidak mengalami proses menstruasi, sehingga zat-zat emas yang terserap tubuh tidak dapat dibuang. Zat asing yang masuk kedalam tubuh tersebut kemungkinan akan mengganggu kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu, semenjak awal hamil ada yang  sama sekali menghindari penggunaan emas sebagai salah satu pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama pada kesehatan  janin, karena menurut penelitian zat tersebut juga dapat masuk ke aliran darah.

Pengaruh Emas Terhadap Kanker

Meski penelitian sebelumnya mengungkapkan risiko kesehatan yang bisa terjadi dari penggunaan perhiasan berbahan dasar emas, para peneliti di Universitas Edinburgh menemukan bahwa logam mulia tersebut meningkatkan efektivitas obat yang digunakan untuk mengobati sel kanker paru-paru.

Dr Asier Unciti-Broceta, dari Pusat Penelitian Kanker Inggris di Edinburgh mengatakan, penelitian ini membuktikan sifat baru dari emas yang yang sebelumnya tidak diketahui. Temuan ini juga untuk menjawab apakah memakai emas menyebabkan kanker.

“Kami menunjukkan bahwa logam tersebut dapat digunakan untuk melepaskan obat-obatan di dalam tumor dengan sangat aman,” katanya

“Secara khusus, metode ini dapat membantu memperbaiki pengobatan tumor otak dan kanker yang sulit diobati.

 

omentar

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.