Cara Alami Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Cara Alami Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

 

Cara alami mengatasi mual saat hamil muda – Mual ketika hamil muda rasanya memang sesuatu banget ya Bunda. Apalagi ketika Bunda juga sedang bekerja, bawaanya ingin rebahan dan istirahat. Masa-masa trisemester awal kehamilan memang wajar jika ada rasa mual dan bahkan muntah.

Secara umum, rasa mual dialami oleh 70% wanita sedangkan mual dan muntah dialami oleh 50% wanita. Jadi wajar saja kalau Bunda juga merasakannya. Namun semua itu adalah proses yang baik ketika kehamilan.

Rasa mual dan muntah ketika trisemester pertama diakibatkan oleh perubahan hormon di tubuh ibu hamil. Hormon progresteron, estrogen dan hCG mengalami peningkatan. Sehingga tubuh ibu hamil juga mengalami perubahan metabolisme. Inilah yang kemudian menyebabkan morning sickness atau mual dan muntah.

Alhamdulillah, kondisi ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia kandungan. Sehingga Bunda tidak perlu khawatir akan morning sickness. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mual saat hamil muda.

Lima Cara alami mengatasi mual saat hamil muda

1. Olahraga yang ringan atau relaksasi

Olahraga yang ringan dapat merupakan salah satu cara mengatasi mual saat hamil muda. Selain mengurangi mual, olahraga ringan dapat membantu menjaga kesehatan Bunda. Olahraganya tidak perlu yang berat, cukup yang ringan dan menyenangkan. Contoh olahraga yang ringan adalah senam ibu hamil dan jalan kaki.

2. Rileks dan istirahat yang cukup

Rileks dan istirahat yang cukup juga penting untuk membantu perkembangan janin. Suasana hati yang rileks membantu janin berkembang optimal. Namun stress yang tinggi dapat mengganggu janin bahkan berdampak ketika bayi sudah dewasa.

Ketika Bunda stress, hormon stress Bunda mengalir di dalam darah dalam jumlah besar. Padahal apa yang ada di darah Bunda juga mengalir masuk ke janin. Sehingga janin yang masih sekecil itu sudah mendapatkan hormon stress yang hebat dari ibunya.

Ini berdampak pada kestabilan emosi anak setelah dewasa atau mulai mengenal emosi. Jadi Bunda yang rileks ya. Agar putra atau putrinya stabil emosinya.

Bagi Anda yang berama Islam, bisa dengan memperbanyak amalan sunnah tanpa meninggalkan yang wajib. Amalan sunnah yang Bunda lakukan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Kedekatan Bunda dengan Allah membuat hati bunda lebih rileks dan tenang.

3. Mengatur Pola makan

Sebelum hamil, bunda mungkin makan sehari langsung 3 kali sehari. Namun, saat ini sebaiknya diubah polanya. Makanlah sedikit demi sedikit tetapi dengan frekuensi lebih sering. Sehingga dapat mengurangi mual dan muntahnya.

Selain mengatur jumlah dan frekuensinya, makan buah-buahan segar dan manis sangat baik untuk mengurangi mual. Serta sebaiknya mengganti Beras Putih Anda dengan Beras Merah. Beras Merah untuk Ibu Hamil sangatlah baik dan bisa mengurangi rasa kurang nyaman di lambung. Selain Beras Merah, Beras Hitam dan Beras Coklat Organik juga bisa menjadi alternatif.

4. Konsumsi Jahe

Cara mengurangi mual saat hamil muda juga bisa dilakukan dengan mengunyah jahe. Jahe bermanfaat mengurangi rasa mual dan muntah Ibu Hamil. Ketika dikunyah, rasanya memang kurang begitu enak, tetapi efektif mengurang rasa mualnya.

5. Hypnotherapy

Hypnotherapy ini sebenarnya sudah sepaket dengan Hypnobirthing. Terapi ini sangat membantu Bunda agar lebih rileks dan nyaman terhadap apapun yang terjadi. Sehingga rileks dan nyaman ini akhirnya dapat mengurangi mual dan muntah. Jika Bunda berminat hypnobirthing, sebaiknya dari mulai awal kehamilan dan bersama dengan suami Bunda.

 

Itulah lima cara untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda. Lima cara ini dipraktekkan sehingga bisa segera mengurangi keluhan Bunda. Nikmati prosesnya, insyaAllah kehamilan Bunda aman dan sehat serta lancar.

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.