Bunda, Jangan Takut Ajak Bayi Kita Berenang

Bunda, Jangan Takut Ajak Bayi Kita Berenang

Dokterbunda.com –¬†Mengajak bayi berenang itu awalnya was-was. Begitu banyak pertanyaan, terutama tentang keselamatan dan kebersihan, walaupun dari segi manfaat mungkin sudah banyak yang tahu.¬†Meskipun masih bayi, bukan berarti si kecil tidak bisa diajak berenang. Prioritaskan manfaat berenang tersebut ketimbang memikirkan apa dampak buruknya jika anak diajari berenang sejak bayi.

Pelatih renang profesional asal Australia, Laurie Lawrence mengungkapkan, ada banyak manfaat dari mengajarkan anak berenang sejak dini. Selain membuatnya terbiasa dengan air sehingga mengurangi risiko dirinya tenggelam, berenang sejak dini juga berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan si anak.

“Anak-anak selama sembilan bulan berenang di kandungan, jadi memang sudah natural dan kenapa tidak dilanjutkan,” jelasnya, seperti dilansir WomansDay.

Baca: Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Usia Bayi Berenang

Kapan mengajak bayi berenang? Riset bilang sih, the sooner the better. Tapi dari newborn hingga 6 bulan, karena sistem imun bayi masih terbatas, ada baiknya di bak mandi dulu aja. Tujuannya, agar kebersihan air lebih terjaga. Suhu air juga diperhatikan agar tidak terlalu dingin dan hangat (sekitar 33-34 derajat celcius). Kalo sudah lebih dari 6 bulan, sudah bisa ke kolam renang umum yang bersih karena anak sudah bisa menegakkan kepala sendiri dan fisiknya sudah lebih siap. Karena dari dalam janin, bayi kan sudah bareng air terus, jadi refleksnya emang sudah ada, yaitu seperti memejamkan mata bila kena air, menahan nafas di dalam air, dll. Bila terlalu lama tidak dilatih, ketika otaknya mulai berkembang, mereka akan lupa caranya. Karena itulah, riset bilang, the sooner the better.

Mau tahu manfaat mengajak anak berenang sejak bayi? Ini dia:

  1. Anak-anak yang berenang sejak bayi, memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat bayi menggerakkan seluruh tubuh mereka, mulai dari tangan, kaki dan kepala.
  2. Anak-anak yang berenang sejak kecil akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitifnya semakin berkembang. Perkembangan koginitif pada bayi meliputi berpikir, belajar, dan proses pemecahan masalah.
  3. Anak-anak yang belajar berenang sejak kecil bisa lebih mudah beradaptasi dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal tersebut karena saat berenang, mereka biasanya bertemu dengan anak-anak lain.
  4. Saat berenang, anak-anak belajar bagaimana orang berbicara saat memberikan instruksi untuk bergerak. Sehingga ke depannya, anak-anak yang belajar berenang sejak bayi kemampuannya berbicara akan lebih cepat berkembang.
  5. Berenang secara rutin juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak.

Kalo bisa, sebelum berenang anak sudah makan dan tidur dulu sehingga mood-nya bagus.

Baca Selengkapnya : Makanan sehat bayi sebelum berenang 

 

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.