Ada Yang tahu: Bubur Beras Merah Lebih Baik untuk Bayi Daripada Nasi Putih?

Ada Yang tahu: Bubur Beras Merah Lebih Baik untuk Bayi Daripada Nasi Putih?

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, terutama nasi putih. Tapi kenapa makanan untuk bayi biasanya bubur nasu merah bukannya nasi putih? Memang, apa sih istimewanya beras merah untuk bayi? Penasaran? Yuk Simak ini.

Beras Merah Lebih Kaya Nutrisi Untuk Bayi

Beras merah hanya mengalami pengelupasan lapisan kulit paling luar dan tidak mengalami proses penggilingan yang panjang seperti beras putih. Jika semua lapisan kulit beras merah dikelupas dan diproses lebih lanjut, maka akan didapatkan beras putih. Hal ini membuat beras putih lebih sedikit mengandung vitamin, mineral, asam lemak, dan juga serat dibandingkan beras merah. Karena semua nutrisi tersebut justru sebagian besar terdapat pada kulit beras.

Dilansir dari laman Verywell, ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam beras merah. Beberapa nutrisi tersebut, yaitu protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan zink. Sejumlah nutrisi ini pastinya nutrisi ini diperlukan oleh bayi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Read More: Resep MPASI Beras Merah + Wortel

Jadi, tak heran jika beras merah sudah lama menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk bayi, terutama bayi yang sedang dalam peralihan ke makanan padat. Beras merah dibuat menjadi bubur sehingga mudah dimakan oleh bayi.

Selain kandungan nutrisi beras merah yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, keunggulan beras merah untuk bayi lainnya adalah mudah dicerna dan tidak menimbulkan reaksi energi. Hal ini membuat beras merah sangat cocok untuk diberikan ke bayi, mengingat sistem pencernaan bayi yang masih lemah dan belum matang.

Baca Juga:

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.