6 makanan wajib saat hamil muda

6 makanan wajib saat hamil muda

6 makanan wajib ibu hamil muda- (trimester pertama) ini sebaiknya jangan Anda abaikan. Pada saat awal kehamilan, sebaiknya Anda sudah mulai menjaga berbagai asupan makanan apa saja yang akan dikonsumi. Salah mengonsumsi makanan ketika kehamilan memasuki trimester pertama mungkin saja bisa berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan di awal kehamilan.

Ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk dapat mendukung perkembangan bayi yang sedang dikandungnya. Selain itu terjadinya perubahan hormonal yang lumrah dialami wanita hamil selama menjalani tiga bulan kehamilan pertama dapat berpengaruh pada sensitivitas & stamina. Jadi selektiflah dalam memilih makanan pada awal kehamilan, karena ini sangat penting.

Pilihlah asupan makanan yang kaya akan kandungan asam folat, protein, vitamin dan juga mineral saat sedang menjalani masa hamil.

Berikut ini 6 makanan wajib ibu hamil muda (trimester pertama) yang penting dan bermanfaat di awal kehamilannya.

Banyak Makan Sayuran

Morning sickness saat awal kehamilan seringkali dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Untuk dapat mengatasi rasa mual, Anda bisa banyak makan sayuran yang berwarna hijau. Bukan hanya dapat mengurangi rasa mual, sayuran berwarna hijau seperti bayam cukup kaya akan kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuhnya. Sayuran hijau juga diketahui mengandung mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu & janinnya.  Sayur bayam bening dengan jagung manis dapat dijadikan pilihan menu sehat dan juga segar untuk Anda.

Banyak Makan Buah-Buahan

Mengonsumi buah-buahan selama kehamilan memang sangat penting untuk dapat meningkatkan stamina seorang wanita hamil. Anda dapat memilih buah pisang ataupun apel yang dapat dijadikan makanan selingan atau sekedar camilan. Pisang diketahui kaya akan kandungan asam folat yang sangat diperlukan dalam perkembangan & pembentukan sel otak janin. Jika Anda bosan, buah bisa  saja dijus atau dijadikan sebagai salad untuk menu harian selama menjalani masa kehamilan. Karena, buah banyak memiliki kandungan serat yang dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme dan juga menjaga kekebalan tubuh. Jadi Anda tidak mudah lemas dan tidak mudah sakit di saat hamil muda.

Makan Seafood

Pembentukan otak bayi Anda sudah dimulai sejak periode awal kehamilan. Oleh sebab itu Anda disarankan untuk rajin mengonsumi ikan, cumi-cumi, udang atau rumput laut yang telah terbukti mengandung protein tinggi serta mengandung asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan untuk pembentukan otak janin. Kecuali bagi Anda yang alergi dengan makanan laut, tentu menghindarinya akan lebih baik

Produk Olahan Susu

Susu merupakan salah satu dari 6 makanan wajib ibu hamil muda (trimester pertama). Diawal masa kehamilan, seorang wanita hamil membutuhkan asupan protein yang cukup tinggi. Salah satu jenis sumber protein yang dapat dikonsumi selama hamil berasal dari susu atau berbagai produk olahan susu lainnya seperti keju, yoghurt dan lainnya. Protein terbukti sangat berperan penting bagi pertumbuhan jaringan sel pada bayi dan berfungsi memperbaiki jaringan sel-sel tubuh yang rusak, juga berperan dalam pembentukkan otot. Susu & produk olahan susu seperti keju diketahui kaya akan kalsium yang dapat membantu ibu hamil dalam membantu pertumbuhan tulang dari janin yang dikandungnya

Makan Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan sangat baik dikonsumi oleh para ibu hamil pada awal kehamilan karena terbukti mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk tambahan energi. Mengonsumi kacang kedelai, kacang merah atau kacang hijau yang kaya dengan kandungan asam folat serta vitamin B memang sangat dibutuhkan bagi perkembangan sistem saraf janin.

 

Satu Komentar

Tinggalkan balasan bunda

Alamat Email Bunda tidak akan dipublikasikan Kolom isian yang penting diisi ditandai

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.